Monday, April 3, 2017

Biografi Henry Murray



Henry A. Murray dilahirkan di New York City pada tanggal 13 Mei 1893. Ia merupakan psikolog Amerika yang mengembangkan teori kepribadian manusia berdasar pada kebutuhan individu dan hubungannya dengan lingkungan fisik maupun sosial. Murray memiliki keunikan berbeda diantara teoritikus kepribadian lainnya, ia dikenal memiliki pemikiran yang cemerlang karena pemanfaatan safistikasi-nya di bidang biologi, praktik klinis dan psikologi dalam rangka mengembangkan pemikiran teoritisnya.
Pada tahun 1915, Murray mendapatkan gelar B.A. dalam bidang studi mayor sejarah di Groton School dan Harvard College, kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Columbia College of  Physicians and Surgeons dan tamat pada tahun 1919 dan mendapat gelar M.A. pada tahun 1920 dalam bidang biologi. Setelah tamat dari Columbia College of Physicians and Surgeons, ia kemudian bertugas sebentar menjadi instruktur fisiologi di Universitas Harvard dan kemudian mengambil spesialisasi bedah selama dua tahun di Presbyterian Hospital di New York. Ia kemudian menjadi staff di Institut Rockfeller untuk Riset Kedokteran di New York City dan ia mengadakan penelitian embriologi sebagai asisten selama dua tahun. Pada tahun 1927, Murray kembali menjalani pendidikan di Universitas Cambridge dan melakukan penelitian biokimia sampai meraih gelah Ph.D dalam bidang biokimia.
Selama selang pendidikannya pada tahun 1927 tersebut, ia mulai tertarik pada psikologi. Ketertarikannya pada psikologi berawal dari kunjungannya ke Carl Jung di Zurich dan ketertarikannya pada teori Freud. Pada tahun 1928, Murray diangkat sebagai lektor dan  direktur di Klinik Psikologi Harvard yang diatur oleh Morton Prince. Pada tahun 1930, Murray menciptakan istilah personologi untuk menjelaskan cabang ilmu psikologi yang mempelajari kehidupan manusia individual dan faktor-faktor yang mempengaruhi perjalanannya. Murray secara konsisten menekankan hubungan antara peristiwa psikologis dan proses psikologi yang pokok.
Pada tahun 1935, Murray menyelesaikan pendidikannya dalam psikoanalisis dibawah Franz Alexander dan Hans Sachs dan pada tahun 1937 ia diangkat menjadi lector ketua di Klinik Psikologi Harvard. Pada tahun 1938, Murray menghimpun sekelompok mahasiswa muda yang cakap untuk meneliti kepribadian manusia hingga menghasilkan sebuah buku berjudul “Explorations in Personality”.
Murray meninggalkan Harvard pada tahun 1943 kemudian bergabung dengan Korps Dokter Tentara sebagai mayor kemudian sebagai letnan colonel, ia memimpin biro pengukuran psikologis untuk Office Strategic Services. Pada tahun 1947, ia kembali ke Harvard menjadi lector part-time dalam bidang psikologi klinis pada Departement of social relations yang baru dibentuk tahun 1950 dan kemudian ia diangkat sebagai professor psikologi klinis. Pada tahun 1962, Murray menjadi professor emerifus dan dianugerahi Distinguished Scientific Contribution Award dari American Psychological Association dan Gold Medal Award dari American Psychological Foundation karena seluruh hidupnya disumbangkan dalam bidang tersebut. Pada 23 Juni 1988, Henry Alexander Murray wafat di Cambridge, Massachusetts. 


Sumber:
Psikologi Islam, “Biografi Henry Alexader Murray”,  dalam http://www.psikologiku.com/biografi-henry-alexander-murray/, diakses pada 5 Maret 2017.

1 comment:

  1. Agen Togel Online Terbaik & Terlengkap!
    Tersedia Pasaran Hongkong - Sydney - Singapore
    Potongan Diskon 2D = 30% | 3D = 59% | 4D = 66%
    Dapatkan Keuntungan Dalam Menebak Angka Hingga Ratusan Juta Setiap Hari..
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .fun
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    ReplyDelete