Thursday, March 9, 2017

Biografi Sigmund Freud




Sigmund Freud adalah seorang Austria keturunan Yahudi dan pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi. Lahir pada 6 Mei 1856 di Pribor, Ceko. Meninggal pada 23 September 1939 di Hamstead, Britania Raya. Istrinya bernama Martha Bernays (1886-1939). Pendidikan Freud di Universitas Wina (1881).
Freud seorang mahasiswa yang jempolan di sekolahnya, meraih gelar sarjana kedokteran dari Universitas Wina pada tahun 1881. Selama sepuluh tahun berikutnya dia melakukan penyelidikan mendalam di bidang psikologi, membentuk staf klinik psikiatri, melakukan praktek pribadi di bidang neurologi, bekerja di Paris bersama neurolog Perancis kenamaan Jen Charcot dan juga bersama dokter Josef Breuer orang Wina. Gagasan Freud di bidang psikologi berkembang tingkat demi tingkat hingga pada tahun 1895 buku pertamanya Penyelidikan tentang Histeria terbit, bekerja sama dengan Breuer.
Buku berikutnya Tafsir Mimpi terbit tahun 1900. Buku ini merupakan salah satu karyanya yang paling orisinal dan sekaligus paling penting, meski pasar penjualannya lambat pada awalnya namun melambungkan nama harumnya. Setelah itu, berhamburan keluar karya-karyanya yang penting-penting, dan pada tahun 1908 Freud dianggap  sebagai orang yang terpandang di Amerika Serikat.  Pada 1902 Beliau mengorganisir kelompok diskusi masalah psikologi di Wina. Anggota pertama yang menggabungkan diri adalah Alfred Adler diikuti Carl Yung. Keduanya menjadi ahli psikologi lewat upaya mereka sendiri.
Freud menikah dan memiliki 6 anak. Di akhir hidupnnya, Beliau menderita kanker pada tulang rahangnya. Pada tahun 1938 Nazi menduduki Austria dan Sigmund Freud yang berusia 82 tahun dan keturunan Yahudi dipaksa pindah pergi ke London dan meninggal di sana setahun sesudahnya.



Sumber :
Biografiku.com, “Biografi Sigmund Freud”, dalam http://www.biografiku.com/2009/01/biografi-sigmund-freud.html?m=, diakses pada tanggal 10 Maret 2017.

1 comment:

  1. Agen Togel Online Terbaik & Terlengkap!
    Tersedia Pasaran Hongkong - Sydney - Singapore
    Potongan Diskon 2D = 30% | 3D = 59% | 4D = 66%
    Dapatkan Keuntungan Dalam Menebak Angka Hingga Ratusan Juta Setiap Hari..
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .fun
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    ReplyDelete